A PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS 2C SD NEGERI UNGARAN 1 YOGYAKARTA

Penulis

  • Vilandha Rizki Aprilia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Arif Rommi Setyawan SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta

Kata Kunci:

hasil belajar, Bahasa Indonesia, Model Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas 2C SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta” dilatar belakangi karena masih adanya permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia dalam penggunaan huruf kapital kurang maksimal. Pembelajaran tersebut guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Hal ini dikarenakan masih kurangnya keterampilan pendidik dalam memilih model, metode dan strategi yang dari waktu ke waktu tidak berkembang. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas 2C SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitiannya yaitu peningkatan keterampilan melisankan puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan expert judgement atau meminta pertimbangan ahli dalam menguji validitas instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui persentase peningkatan motivasi dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan. Hasil penelitian pra siklus rata- rata keaktifan belajar peserta didik mencapai 43,75% pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 50,16% belum mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 83,12% sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75%. Dari persentase yang dihasilkan pada siklus II dapat diketahui bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2C SD Negeri Ungaran l Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Aprilia, V. R. ., Taufiq, I. ., & Setyawan, A. R. . (2022). A PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS 2C SD NEGERI UNGARAN 1 YOGYAKARTA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1), 394–402. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/379

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.