UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KRAGILAN GANTIWARNO KLATEN

Penulis

  • Era Uswatun Khasanah ust
  • Chairiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Atun SD Negeri 1 Kragilan, Klaten

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri 1 Kragilan Gantiwarno Klaten. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Kragilan Gantiwarno Klaten, yaitu terdiri dari 15 siswa, 8 siswa laki- laki dan 7 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Analisis data dapat menunjukkan bukti bahwa presentase hasil belajar prasiklus 33%, meningkat pada siklus I dengan presentase hasil belajar Bahasa Indonesia menjadi 53,5%, dan pada siklus II meningkat dengan presentase hasil belajar Bahasa Indonesia 80%. Dari presentase tersebut maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 1 Kragilan Gantiwarno Klaten.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Problem Based Learning.

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Uswatun Khasanah, E., Chairiyah, C., & Atun, S. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KRAGILAN GANTIWARNO KLATEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/367