Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPAS Kelas VI

Penulis

  • Rina Trimaheri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Chairiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mengunkan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas VI SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas ProgramStudiPendidikan Profesi Guru Prajabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,2023.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas VI SD Negeri Panembahan dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL), jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa ada peningkatan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VI di SDN Panembahan Yogyakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) pada proses pembelajaran dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VI B SDN Panembahan Yogyakarta. Peningkatan ini terbukti dari skor rerata pratindakan sebesar 33,1 menjadi 46,3 pada siklus I dan meningkat menjadi  69,1 pada siklus II. Rata-rata skor pada siklus kedua belum memenuhi target indicator keberhasilan sehingga peneliti melanjutkan ke siklus ketiga dan memperoleh peningkatan rerata skor berpikir kritis siswa menjadi 86,7 dimana berada pada kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penggunaan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan berpikir kritis pada siswa kelas VI B SDN Panembahan Yogyakarta.

 

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Problem Based Learning, IPAS

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Trimaheri, R., & Chairiyah, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Mata Pelajaran IPAS Kelas VI . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 85–91. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1743