Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Media Power Point Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar menggunakan media power point pada pembelajaran tematik siswa kelas II SD Negeri Margorejo, Tempel, Sleman. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan powerpoint dapat meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas II SD Negeri Margorejo, Tempel, Sleman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Margorejo Tempel yang berjumlah 17 orang siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar pembelajaran tematik siswa yang diperoleh dari keseluruhan proses pembelajaran menggunakan media power point. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan media power point, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditujukkan dengan adanya peningkatan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 53 % dan pada siklus II meningkat menjadi 67%. Adapun hasil rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I mendapatkan hasil 65% dan meningkat pada siklus II menjadi 75%. Dengan menggunakan media power point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, maka diharapkan sekolah dapat menerapkan media tersebut dalam kegiatan belajar mengajar.