Peningkatan Pembelajaran PPKn Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SD N Margorejo Sleman

Penulis

  • miftahul fauzi Universitas Srjanawiyata Tamansiswa
  • Chairiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Utma Masniyati Saniya SD N Margorejo, Sleman

Abstrak

Peningkatan Pembelajaran PPKn Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads
Together (NHT) di Kelas V SD N Margorejo Sleman. Penelitian Tindakan Kelas program studi Pendidikan
Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil
pembelajaran PPKn di Kelas V SD N Margorejo Sleman. Penelitian ini merupakan jenis, insterumen
penelitian yang dipakai yakni observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan 2 siklus masing masing
siklus terdapat 2 pertemuan.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) bertujuan untuk
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas V di SD N
Margorejo Sleman. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V dengan jumlah 30 peserta didik, dengan
rincian 20 laki-laki dan 10 perempuan. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD N Margorejo. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 77,7% meningkat menjadi 94,4%
pada siklus II. Sedangkan hasil belajar pesrta didik pada siklus I peserta didik memperoleh nilai dengan
rata-rata 7,28 menjadi 7,5 pada siklus II

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

fauzi, miftahul, Chairiyah, & Saniya, U. M. (2023). Peningkatan Pembelajaran PPKn Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas V SD N Margorejo Sleman. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1121–1125. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1605