Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV dalam Muatan Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning di SD Negeri Margorejo

Penulis

  • Salsabilla Alifia Rahmadhanty Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Chairiyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Utma Masniyati Saniya SD Negeri Margorejo Tempel

Kata Kunci:

Sikap Ilmiah; Model Problem based learning

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik tidak diberikan kebebasan untuk mencari pengetahuan sendiri. Pada proses pembelajaran guru menjelaskan konsep inti dari pembelajaran dan siswa tinggal mengikuti yang diberikan oleh guru. Hal ini membuat siswa kurang mempunyai sikap ilmiah, dan pasif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik kelas IV SDN Margorejo melalui model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan dan observasi, dan (3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Margorejo, Tempel, Sleman yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan skala psikologi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan skala sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa kelas IV SD N Margorejo dalam muatan pembelajaran IPAS bisa ditingkatkan melalui penggunaan model problem based learning yang ditandai dengan meningkatnya presentase sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan presentase sikap ilmiah pada pra Tindakan sebesar 70,63% dengan kategori cukup, kemudian siklus I sebesar 74,93% dengan kategori cukup, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,97% dengan kategori baik. Indikator keberhasilan sudah tercapai.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Rahmadhanty, S. A., Chairiyah, & Saniya, U. M. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV dalam Muatan Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning di SD Negeri Margorejo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 902–908. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1544