MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KRAGILAN

Penulis

  • One Vivin Yuliyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Chairyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Atun SD Negeri 1 Kragilan

Abstrak

ABSTRACT

The aim of the research is to intented to improve tematics learning outcomes through the Problem Based Learning (PBL) model for third grade students or SD Negeri 1 Kragilan. This type of study is Classroom Action Research (CAR) which carried out in SD Negeri 1 Kragilan, Gantiwarno, Klaten. The subjects of this study are 16 students of 4th grades consist of 13 male students and 3 female students. Data collection techniques using observation, tests, and documentation. Data analysis techniques are test analysis of learning outcomes and analysis of observational data. The results showed that the average value from cycle I to cycle II increased from 74 to 84.3. With completeness the student's score from 68.75% increased to 81.25%. Thus, it can be concluded that there is an increase in motivation and learning outcomes thematic by using the problem based learning model in fourth grade students of SD Negeri 1 Kragilan.

Keywords: Learning Outcomes ; Thematic ; Problem Based Learning (PBL).

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kragilan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kragilan, Gantiwarno, Klaten. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 terdiri 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis tes hasil belajar dan analisis data observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata- rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 74 menjadi 84.3. Dengan ketuntasan nilai siswa dari 68.75% meningkat menjadi 81.25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar tematik dengan menggunakan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kragilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Problem Based Learning (PBL).

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-28

Cara Mengutip

Yuliyanti, O. V., Chairyah, C., & Atun, S. . (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KRAGILAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/374