Penerapan Model PBL Berbantuan LKPD Dalam Peningkatan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Tegalrejo 2

Penulis

  • Tia Widiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil belajar; Problem Based Learning (PBL); LKPD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL berbantuan LKPD untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas III SDN Tegalrejo 2. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III A SDN Tegalrejo II 28 peserta didik. Objek dalam penelitan ini adalah hasil belajar dalam muatan Bahasa Indonesia yang diperoleh dari keseluruhan proses pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan LKPD. Desaain PTK menggunakan desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan lembar observasi, soal tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisa diskriptif comparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil observasi aktivitas belajar pada siklus I mencapai ketuntasan 48%, siklus II mencapai ketuntasan 73%, dan pada siklus III mencapai ketuntasan 96%. Adapun rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I mendapatkan 70, rata-rata hasil belajar pada siklus II 79, dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III dengan rata-rata 89. Dengan demikian penerapan model PBL berbantuan LKPD dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia sehingga hasil belajar meningkat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Widiyanti, T., & Astuti, T. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan LKPD Dalam Peningkatan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Tegalrejo 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 546–554. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1741