Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Leaning pada Siswa Kelas II B SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta

Penulis

  • Apresia Dhenta Caraka Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yudiharyanto SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar; Matematika; Model Pembelajaran Problem Based Leaning

Abstrak

Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis adalah model pembelajaran Problem Based Leaning. PBL menuntut siswa berpikir kritis karena diminta menyelesaikan masalah sehingga siswa terampil mendapatkan pemikiran baru. Tujuan penelitian adalah Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Leaning Pada Siswa Kelas IIB SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta. Subjek yang diambil siswa kelas IIB SDN Tegalrejo 2 di tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes evaluasi, dan dokumentasi. Metode penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas disini menggunakan kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan tes dan non tes. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Problem Based Leaning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IIB SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta. Peningkatan dilihat dari rata-rata hasil belajar dari pra siklus 75 menjadi 85,3 di siklus 1 dan kemudian 87,5 di siklus 2. Kemudian ketuntasan klasikal siswa dari 57% di pra siklus menjadi 71% pada siklus 1 dan meningkat di siklus 2 menjadi 82%. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Leaning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IIB SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Caraka, A. D., Astuti , T., & Yudiharyanto. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Leaning pada Siswa Kelas II B SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1550–1561. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1649