Peningkatan Motivasi Belajar dengan Model PBL berbasis Games Kelas V SD Negeri Tegalrejo 2

Penulis

  • shabrina galuh novitaningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Motivasi belajar; Problem Based Learning (PBL); games

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran PBL berbasis games untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri Tegalrejo 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahpeserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tegalrejo 2, sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis games dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket motivasi belajar setiap siklus dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskripstif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis games dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Negeri Teglrejo 2 tahun pelajaran 2023/2024, khususnya pada materi ide pokok. Pada hasil angket motivasi belajar dari siklus I ke siklus II meningkat 8,2%, dari siklus II ke siklus III meningkat 8,8%. Dengan rata-rata seluruh aspek pada siklus I sebesar 70,6% dengan kategorii termotivasi, siklus II sebesar 78,8% dengan kategori termotivasi dan Siklus III sebesar 87,6% dengan kategori sangat termotivasi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

galuh novitaningtyas, shabrina, & Astuti, T. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Model PBL berbasis Games Kelas V SD Negeri Tegalrejo 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1152–1160. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1556