Penerapan Model PBL Berbantuan Ice Breaking Dan Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas II SD

Penulis

  • Neli Agustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti

Kata Kunci:

konsentrasi, ice breaking dan brain gym, problem based learning

Abstrak

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Ice Breaking dan Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Bahasa Indonesia pada Peserta Didik Kelas II SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta. Penelitian Tindakan Kelas Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, 2023.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan ice breaking dan brain gym pada peserta didik kelas II di SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa adanya peningkatan pada konsentrasi belajar peserta didik kelas II di SDN Tegalrejo 2 Yogyakarta. Penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri 1 pertemuan, hasil observasi aktivitas peserta didik terhadap konsentrasi belajar pada siklus I diperoleh nilai presentase 77,98 %, nilai tersebut berada padakategori baik. Kemudian pada hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus II diperoleh dengan presentase 81,37 %, nilai tersebut beradap pada kategori Baik. Kemudian pada hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus III diperoleh dengan presentase 85,39 %, nilai tersebut beradap pada kategori Baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan ice breaking dan brain gym dapat meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik.

Kata kunci: konsentrasi, ice breaking dan brain gym, problem based learning

Biografi Penulis

Tri Astuti

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Agustina, N., & Astuti, T. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan Ice Breaking Dan Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas II SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 669–674. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1727