Peningkatan Hasil Belajar PPKn Dengan PJBL Pada Peserta Didik Kelas IVA SDN Tegalrejo 2

Penulis

  • Anugrah Lintang Pratista Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yudiharyanto SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil belajar, Project Based Learning

Abstrak

Anugrah Lintang Pratista, 2022084878. Peningkatan Hasil Belajar PPKn Dengan Model PjBL Pada Peserta Didik Kelas IVA SDN Tegalrejo 2. Penelitian Tindakan Kelas Jurusan/Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PPKn dengan model pembelajaran Project Based Learning pada kelas IV A SD Negeri Tegalrejo 2 Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil tes. Hasil penelitian pada pratindakan rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 49,66 dan ketuntasan peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 50%. Kemudian, pada Siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan menjadi 70,33 dan ketuntasan peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 67%. Pada Siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu 83 dan ketuntasan peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM sebesar 84%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Pratista, A. L., Astuti, T., & Yudiharyanto, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Dengan PJBL Pada Peserta Didik Kelas IVA SDN Tegalrejo 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 818–829. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1782

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.