Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Kelas IIIC Pada Pembelajaran Tematik
Kata Kunci:
Kreativitas, Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran TematikAbstrak
Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Kelas IIIC Pada Pembelajaran Tematik
Abstrak: Kreativitas merupakan keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan. Guru perlu untuk membantu peserta didik meningkatkan daya kreativitas mereka melalui proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu upaya untuk mendorong peserta didik terlibat langsung melakukan karyanya sekaligus memecahkan masalah dalam pembelajaran. Salah satunya dengan menerapkan model Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning di kelas IIIC SD Negeri Glagah Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IIIC SD Negeri Glagah Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar observasi kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh aktivitas peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I skor 75% dengan kategori baik, dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 82,5% dengan kategori baik sekali. Dari pengelolahan tingkat kreativitas peserta didik pada siklus I skor 71,01% dengan kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II memperoleh 80,03% dengan kategori kreatif. Dengan demikian model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik di kelas IIIC SD Negeri Glagah Yogyakarta
Kata Kunci: Kreativitas_1; Project Based Learning (PjBL)_2; Pembelajaran Tematik