Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model “Problem Based Learning” Di Kelas 5C SD Negeri Glagah Yogyakarta
Abstrak
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model “Problem Based Learning” Di Kelas 5C SD Negeri Glagah Yogyakarta
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Operasi Hitung Pecahan melalui model pembelajaran problem based learning di kelas 5C SD Negeri Glagah Yogyakarta”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas 5C SD Negeri Glagah Yogyakarta yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dari hasil tes siklus I ketuntasan klasikal sebesar 76,19% meningkat menjadi 92,59% pada siklus II. Pada Siklus I aspek pemecahan masalah tertinggi diperoleh pada aspek memahami masalah dengan persentase 84,12% berkategori tinggi sedangkan aspek pemecahan masalah terendah diperoleh pada aspek memeriksa kembali dengan persentase 64,28% berkategori rendah. Pada siklus II aspek pemecahan masalah tertinggi diperoleh pada aspek memahami masalah dengan persentase 92,59% berkategori tinggi, sedangkan aspek pemecahan masalah terendah diperoleh pada aspek memeriksa kembali dengan persentase 87,03% berkategori sedang. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran untuk siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II aktivitas siswa selama proses pembelajaran meningkat pada kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Operasi Hitung Pecahan di kelas 5C Tahun Pelajaran 2023/2024 sehingga pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematik
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika