Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model “Problem Based Learning” Pada Pembelajaran Tematik Kelas VB SDN Glagah Yogyakarta

Penulis

  • Hafifah Putri Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rini Handayani SD Negeri Glagah Yogyakarta

Kata Kunci:

Keaktifan Siswa; Pembelajaran Tematik; Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan di lapangan yaitu keaktifan siswa dalam pembelajaran relative rendah hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan pelajaran dan pembelajaran berpusat pada guru. Keadaan tersebut akan menyebabkan konsentrasi siswa dalam menerima pelajaran sangat rendah. Siswa yang hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VB SDN Glagah Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Glagah Yogyakarta dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang tahun ajaran 2023/2024. Sumber data penelitian ini adalah keaktifan siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu analisis data observasi dan analisis hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak hanya 5 (lima) orang siswa yang baru aktif (17,24%), 10 (Sepuluh) Orang siswa yang cukup aktif (34,48%) dan 14 (empat belas) Orang siswa yang kurang aktif (48,28%) Dengan rata rata presentase keaktifan sebesar 61,57% dengan kategori cukup. Sedangkan pada Siklus II Terlihat bahwa 25 Orang siswa yang aktif (86,21%) 3 orang siswa yang cukup aktif (10,34%), Dan 1 orang siswa yang kurang aktif 3,45%. Dengan hasil rata rata presentasi sebesar 88,74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas VB SD Negeri Glagah karena rata rata presentasenya siswa lebih aktif telah mencapai hasil interventasi tindakan yang diharapkan yaitu 80%.

Kata Kunci: Keaktifan Siswa; Pembelajaran Tematik; Problem Based Learning;

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Putri, H., Harini, E., & Handayani, R. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model “Problem Based Learning” Pada Pembelajaran Tematik Kelas VB SDN Glagah Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 848–857. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1651

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.