PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI UNGARAN 1 YOGYAKARTA
Abstrak
Pembelajaran dengan model yang monoton dapat menimbulkan kebosanan sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menimbulkan kurangnya keaktivan siswa dalam aktifitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar Tematik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V di SD Negeri Ungaran 1 Yogyakarta. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang teknik pengumpulan data dengan teknik non tes, analisis data dilakukan dengan membandingkan keadaan aktivitas belajar siswa pada kondisi sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning, keaktifan siswa saat pembelajaran lebih meningkat. Pada pra siklus keaktifan siswa mencapai 30%, pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 51%, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 78,15%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan keaktivan belajar dipengaruhi oleh model pembelajaran sehingga membuat siswa lebih aktif, pembelajaran dikemas secara inovatif sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik.
Kata kunci: aktivitas belajar, tematik, problem based learning