PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA

Penulis

  • Febriana Lisa Pertiwi Mahasiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yustina Pertiwi Darmawanti SD Negeri Karanganyar Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri Karanganyar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah  model pembelajaran problem based leaning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karanganyar Yogyakarta yang berjumlah 15 peserta didik, sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar dan model pembelajaran problem based learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini teknik observasi, angket , dan dokumentasi. Teknik analisis data motivasi belajar peserta didik menggunakan angket dilakukan dengan menghitung presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar pada muatan tematik peserta didik kelas V SD Negeri Karanganyar. Peningkatan motivasi dilihat dari nilai rata-rata presentase pada siklus I sebesar 75 % dan pada siklus II menjadi 89%.

 

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Pertiwi, F. L., Taufik, I., & Darmawanti, Y. P. . (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD N KARANGANYAR YOGYAKARTA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 1(1). Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/365