Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Di Kelas 3B SD Negeri Glagah
Kata Kunci:
keaktifan belajar, pembelajaran tematik, Project Based LearningAbstrak
Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Di Kelas 3B SD Negeri Glagah
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas IIIB SD Negeri Glagah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian dari Kemmis and Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IIIB SD Negeri Glagah yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaran PJBL dilakukan secara berkelompok sehingga membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan melakukan percobaan bersama kelompoknya dan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Pemberian reward pada tahap menjawab juga mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat melalui hasil perhitungan skor keaktifan siswa, yaitu pada siklus I sebesar 41,6% siswa masuk kategori tinggi, 41,6% siswa masuk kategori sedang, dan 7,6% siswa masuk kategori rendah. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat, yaitu 92,3% siswa masuk kategori tinggi dan 7,6% siswa masuk kategori sedang.
Kata Kunci: keaktifan belajar, pembelajaran tematik, Project Based Learning