Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Model PjBL Siswa Kelas III SD Negeri Golo

Penulis

  • Arjelita Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sudartomo Macaryus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Hasil belajar, tematik, project based learning

Abstrak

Peningkatan hasil belajar tematik melalui model pjBL siswa kelas III SD Negeri Golo siswa Kelas III SDN Golo. Penelitian Tindak Lanjut PPG Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Mendeskripsikan pemerapan Model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan Bahasa Indonesia Kelas III 3. 2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar pada peserta didik menggunakan model PjBL pada muatan Bahasa Indonesia Kelas III SDN Golo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang diadopsi oleh Arikunto. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas III SDN Golo Yogyakarta yang berjumlah 21 yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Objek penelitian ini yaitu hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Model PjBL. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan observasi, angket kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitaian ini yaitu menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Projec Based Learning (PjBL) dengan strategi peer lesson pada hasil belajar peserta didik kelas III SDN Golo. Hal ini dibuktikan dari presentase antara siklis I dan siklus II yang mengalami peningkatan yang signifikan. Presentase pada siklus I yaitu 62% kemudian setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 86%.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Arjelita, & Macaryus, S. . (2024). Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Model PjBL Siswa Kelas III SD Negeri Golo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1483–1489. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1803

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.