Peningkatan Prestasi Belajar Tematik Problem Based Learning Berbasis Media Patung Jurang Kelas II SDN Corongan

Penulis

  • Arti Listiyaningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Yuli Prihatni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Alfiyah SDN Corongan Sleman

Kata Kunci:

ajaran tamansiswa, keterampilan kolaborasi, project based learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis media patung jurang (papan hitung penjumlahan dan pengurangan). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus di mana dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 di SDN Corongan semester 1 tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar tematik khusunya mata pelajaran matematika diketahui dari adanya peningkatan rata-rata kelas nilai pratindakan dengan siklus I sebesar 65,17 dengan presentase ketuntasan belajar 57,14% menjadi 70,89 dengan presentase ketuntasan 75%. Kemudian siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 78,75 dengan presentase ketuntasan 82,14%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media patung jurang dengan ketuntasan mencapai lebih dari 80% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media patung jurang dengan ketuntasan mencapai lebih dari 80% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Hal ini menggambarkan bahwa model pembelajaran PBL berbasis media patung jurang telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjuang peningkatan prestasi belajar huruf kapital. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk dalam mengajarkan materi menggunakan model PBL berbasis media konkret seperti papan hitung penjumlahan dan pengurangan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Listiyaningrum, A., Prihatni, Y., & Alfiyah, A. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Tematik Problem Based Learning Berbasis Media Patung Jurang Kelas II SDN Corongan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 119–125. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1693