Peningkatan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model PBL Berbasis Permainan Word Seacrh Table
Kata Kunci:
Sikap Kerjasama, Pembelajaran Tematik, Model Problem Based Learning, Permainan Word Search TableAbstrak
Upaya dalam meningkatkan kerja sama antar siswa memiliki beragam cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan memberikan stimulus melalui kegiatan yang melibatkan kerja sama antar teman. Stimulus yang dilakukan dapat berupa kegiatan menyenangkan contohnya permainan yang diselingi dengan muatan pembelajaran. Permainan yang digunakan yakni Word Search Table, Permainan Word Seacrh table menuntut pemain untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menemukan kata yang diharapkan dalam tabel yang berisi huruf acak, baik secara menurun ataupun mendatar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap kerja sama antar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SDN Corongan melalui model pembelajaran PBL berbasis permainan word seacrh table. Desain penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dalam model ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan/pengamatan, dan refleksi, (Muslich, 2011: 43). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari sikap kerjasama antar peserta didik sebelum dilakukan tindakan yaitu pra siklus memiliki presentase sebesar 55% dengan kriteria ”Kurang”. Tindakan siklus I mengalami kenaikan menjadi 78% dengan kriteria ”Cukup Baik”. Siklus II memiliki presentase sebesar 85,5% dengan kriteria ”Baik”. Berdasarkan hasil pelakasanaan penelitian sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal yaitu sikap kerjasama antar peserta didik telah mencapai persentase minimal 80% dengan kriteria ”Baik”. Sehingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dihentikan pada siklus II.