Peningkatan Prestasi Belajar Tematik Melalui Project Based Learning Siswa Kelas III SDN Corongan
Kata Kunci:
prestasi belajar, tematik, project based learningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Corongan pada pembelajaran tematik melalui model project based learning dalam muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang dilaksanakan secara kolaboratif dimana setiap siklus terdapat dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu ada 28 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki – laki dan 17 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflecting). Teknik yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data pratindakan dari 28 siswa diketahui persentase ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 32,14% pada kualifikasi rendah dengan nilai rata – rata kelas 65. Setelah dilakukan tindakan siklus 1, persentase ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat menjadi 57,14% pada kualifikasi sedang dengan nilai rata – rata kelas 69. Kemudian pada siklus 2, persentase meningkat menjadi 78,57% pada kualifikasi tinggi dengan nilai rata – rata kelas 81. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan sudah memenuhi indicator keberhasilan karena telah mencapai persentase ketuntasan prestasi belajar minimal 75% pada kualifikasi tinggi. Sehingga penelitian tindakan ini dihentikan pada siklus 2.
Kata Kunci : prestasi belajar, tematik, project based learning