Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Wahyu Anggraeni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sudartomo Macaryus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri Golo. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD Negeri Golo.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Golo  yang berjumlah 28 anak, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar dan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil belajar peserta didik menggunakan tes dilakukan dengan menghitung presentase.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SD Negeri Golo. Peningkatan hasil belajar dilihat pada siklus I nilai rata-rata peserta didik pada pembelajaran sebesar 70 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 43 %. Selanjutnya dilakukan tindakan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik pada pertemuan kedua nilai rata-rata peserta didik sebesar 74,6 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75 %.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-04

Cara Mengutip

Anggraeni, W., & Macaryus, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning Kelas V Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1273–1281. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1546