Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Indonesia Melalui Permainan Kotak Misteri Siswa Kelas IIIB SDN GOLO

Penulis

  • Syara Diana Lestari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sudartomo Macaryus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Herka Ardiyatno SD Negeri Golo Yogyakarta

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Permainan Kotak Misteri

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui Permainan Kotak Misteri siswa Kelas IIIB SDN Golo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IIIB SDN Golo Yogyakarta yang berjumlah 21 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan analisis data dengan model interaktif, dan dalam kegiatan analisis serta kegiatan pengumpulan data menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Permainan kotak misteri dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas IIIB SDN Golo Yogyakarta. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari hasil belajar Bahasa Indonesia setelah melalui tahapan Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II, setelah dilakukan tindakan pada tahap Pra Siklus = 64,52, tahap Siklus I = 69,52, dan tahap Siklus II = 81,19, (2) Penerapan Permainan kotak misteri dapat meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas IIIB SDN Golo Yogyakarta, hal ini bisa dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa sebagai berikut: pada tahap pra siklus = 33,3%, tahap siklus I = 52,4% dan pada tahap Siklus II = 81%, dan (3) Penerapan Permainan kotak misteri dapat meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas IIIB SDN Golo Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Lestari, S. D., Macaryus, S., & Ardiyatno, H. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Indonesia Melalui Permainan Kotak Misteri Siswa Kelas IIIB SDN GOLO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 377–387. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1786