Peningkatan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas 2B
Kata Kunci:
hasil belajar PPKn; pembelajaran kooperatif; tipe make a matchAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas 2B SD Negeri Golo Yogyakarta, dengan nilai rata-rata adalah 70. Sedangkan nilai dari 18 peserta didik hanya 5 peserta atau 27% yang mencapai KKM. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan dilaksanakan secara konvensional dengan metode ceramah tanpa memberi kesempatan peserta didik untuk terlibat aktif dalam mengeksplor pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 2B SDN Golo Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan perhitungan nilai keterlaksanaan pembelajaran peningkatan hasil belajar tersebut ditunjukkan pada perolehan nilai pra siklus dengan rata-rata kelas 70, persentase ketuntasan 28% mengalami kenaikan pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas 78, persentase ketuntasan 61% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 82 persentase ketuntasan 83%. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas 2B SD Negeri Golo, Yogyakarta.