Peningkatan Minat Belajar dan Keterampilan Membaca Melalui Model PBL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar

Penulis

  • Styaning Dyah Dwiastuti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • M.M Eni Suryati Sekolah Dasar Negeri Jarakan
  • Sumarsih Sekolah Dasar Negeri Jarakan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan minat belajar dan keterampilan membaca siswa jika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Secara komparatif untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan keterampilanmembaca siswa kelas II di SD Negeri.
Metode penelitian ini menggunakan metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas II C SD Negeri yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan
terdiri dari angket mengenai minat belajar serta instrument tes untuk mengetahui keterampilan
membaca siswa. Serta menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara tidak terstruktur untuk
memperkuat perolehan data penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan minat belajar dan keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri. (2) Skor rerata minat belajar siswa selalu meningkat pada setiap siklus. Hasil minat belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebasar 58,53. (3) Keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri meningkat dengan penerapan model Problem Based Learning. Hal ini ditunjukkan dari pemerolehan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan mengalami peningkatan yang baik sebesar 10,84.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Dwiastuti, S. D., Taufiq, I., Suryati, M. E., & Sumarsih. (2023). Peningkatan Minat Belajar dan Keterampilan Membaca Melalui Model PBL Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1088–1094. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1740

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama