Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Model Problem Based Learning Kelas III SDN Jarakan

Penulis

  • Ertiana Sari Murti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • MM. Eni Suryati SD Negeri Jarakan Bantul

Abstrak

Penelitian tindakan kelas berlatar belakang rendahnya keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan menggunakan tindakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Desain penelitian melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah 16 siswa kelas III SDN Jarakan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika. Pada siklus I, keaktifan belajar siswa terdapat 10 siswa dalam kategori tinggi dan 6 siswa dalam kategori cukup meningkat menjadi 14 siswa dalam kategori tinggi dan 2 siswa dalam kategori cukup pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan jumlah siswa keaktifan belajarnya dalam kategori tinggi. Pada siklus I, 62% dari jumlah siswa memiliki keaktifan belajar tinggi, sedangkan pada siklus II menjadi 87% dari jumlah siswa. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I rata-rata prestasi belajar matematika sebesar 73 dengan presentase 56% dari jumlah siswa memiliki prestasi belajar matematika di atas KKM meningkat menjadi 82 pada siklus II menjadi 81% dari jumlah siswa.

Kata Kunci: Keaktifan Belajar; Model Problem Based Learning; Prestasi Belajar Matematika; Siswa Sekolah Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Murti, E. S., Taufiq, I., & Suryati, M. eni. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Model Problem Based Learning Kelas III SDN Jarakan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 994–1004. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1701

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama