Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik dengan model pembelajaran problem based learning pada sisiwa kelas III A di SD N Nogotirto tahun pelajaran 2023/2024

Penulis

  • Devi ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Astuti Wijayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Tematik ; PBL; hasil belajar; PTK; SD

Abstrak

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. September 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3A SD Negeri Nogotrito yang berjumlah 21 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles-Huberman. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan peserta didik belum maksimal sehingga dengan beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga hasil belajar peseta didik kelas 3A di SD N Nogotirto masih rendah. Peningkatan terjadi pada siklus I. Hasil belajar peserta didik meningkat walaupun belum optimal. Pelaksanaan siklus II menyebabkan khasil belajar peserta didik meningkat menjadi tinggi sehingga dapat mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.

Kata Kunci: Tematik ; PBL; hasil belajar; PTK; SD

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

ningrum, D., & Wijayanti, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik dengan model pembelajaran problem based learning pada sisiwa kelas III A di SD N Nogotirto tahun pelajaran 2023/2024. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 354–360. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1790

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.