Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan PBL untuk Menguatkan Bernalar Kritis Kelas 3b SD Panembahan Yogyakarta

Penulis

  • Syarah Amilia Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widowati Pusporini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dian Anggreani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Peningkatan ; Hasil Belajar ; Problem Based Learning; Menguatkan; Bernalar Kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Problem Based Learning yang dapat meningkatkan bernalar kritis siswa, (2) mendeskripsikan proses pembelajaran Problem Based Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B di Sekolah Dasar Negeri Panembahan menggunakan metode sampling yang terdiri dari 6 siswa yang mempunyai keberagaman kemampuan, sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan bernalar kritis dan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tematik.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes hasil belajar pada akhir siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskripstif kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tematik siswa kelas III B SD Negeri Panembahan tahun pelajaran 2023/2024, khususnya pada materi Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Pada hasil lembar observasi bernalar kritis, indikator memfokuskan pertanyaan dari siklus I ke siklus II meningkat 8,34%, indikator menganalisis argumen dari siklus I ke siklus II meningkat 5%, indikator bertanya dan menjawab pertanyaan pada siklus I ke siklus II meningkat 4,1%, dan indikator mempertimbangkan kesesuaian meningkat 8,3%. Dengan rata-rata seluruh aspek pada siklus I sebesar 82,25% dan siklus II sebesar 88,65% (meningkat sebesar 6,45%). Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada siklus I rata-rata siswa 55,5 atau dalam kriteria cukup dengan 3 siswa yang tuntas dan pada siklus II meningkat rata-rata siswa menjadi 79,3 atau dalam kriteria baik dengan 5 siswa yang tuntas dari total 6 siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Amilia, S., Pusporini, W. ., & Anggreani, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan PBL untuk Menguatkan Bernalar Kritis Kelas 3b SD Panembahan Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1253–1264. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1732

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama