Peningkatan Motivasi Belajar Muatan PPKN menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD Negeri Panembahan

Penulis

  • Diah Ayu Citra Agustina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Chohiriyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dian Anggreani SDN Panembahan Yogyakarta

Kata Kunci:

motivasi belajar; PPKn; problem based learning

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran PPKn terutama di masa pendemi guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam  menyusun langkah-langkah pembelajaran dan juga dalam menyampaikan materi pelajaran. Perubahan dalam pembelajaran secara daring membuat guru dan siswa beradaptasi dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan belajar PPKn diharapkan mampu menumbuhkan motivasi belajar, memperjelas fakta dan diharapkan siswa lebih mudah dalam memahami materi dan mengerti materi yang disampaikan guru sehingga mendapatkan hasil pembelajaran yang di inginkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan PPKn menggunakan model problem based learning  kelas II SD Negeri Panembahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn siswa kelas II SD Negeri Panembahan . Hasil tersebut dapat dilihat dari skor perolehan angket motivasi belajar, pada siklus I siswa mendapat skor baik sebanyak 9 anak, dan mendapat skor cukup sebanyak 11 anak dengan perolehan rata-rata presentase sebanyak 74,65%. Sedangkan pada siklus II siswa mendapatkan skor baik sebnayak 20 anak, dan yang mendapatkan skor kategori cukup sudah tidak ada dengan perolehan rata-rata presentase sebanyak 84,44%.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Agustina, D. A. C., Chohiriyah, & Anggreani, D. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Muatan PPKN menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SD Negeri Panembahan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1521–1530. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1581

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.