Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Make A Match Dalam Muatan PPKn Di Kelas II SDN Tamansari 3

Penulis

  • Alviani Puspasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rosidah Aliim Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Indah Wahyuningsih SD Negeri Tamansari 3

Kata Kunci:

Kata Kunci: Motivasi Belajar; Metode Make a Match; Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); PPKn

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SD Negeri Tamansari 3 melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Make a Match pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa, dengan 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik pengamatan, dan lembar pengamatan serta teknik angket dan lembar angket motivasi belajar PPKn siswa. Berdasarkan teknik analisis pada penelitian ini yaitu analisis data aktivitas guru serta analisis data motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar PPKn pada peserta didik kelas II SDN Tamansari 3. Hal ini terlihat dari hasil persentase angket motivasi belajar PPKn sebelum tindakan dilakukan adalah 50.71%, sesudah siklus I adalah 70.23% dan sesudah siklus II adalah 81.90%. dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Make a Match dapat meningkatkan motivasi belajar PPKn peserta didik kelas II SDN Tamansari 3.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Puspasari, A., Hidayat, R. A., & Wahyuningsih, I. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Metode Make A Match Dalam Muatan PPKn Di Kelas II SDN Tamansari 3. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 835–839. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1755