Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode PQ4R Dengan Bantuan Cerita Fiksi Kelas VI Sekolah Dasar

Penulis

  • Jamilatul Rohma Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rosidah Aliim Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Erna Sri Kurniawati SD Negeri Tamansari 3

Kata Kunci:

Membaca Pemahaman, Metode PQ4R, Cerita Fiksi, Sekolah Dasar

Abstrak


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelaking rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Mendeskripsikan pemerapan Metode PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik pada muatan Bahasa Indonesia Kelas VI SDN Tamansari 3. 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik menggunakan metode PQ4R pada muatan Bahasa Indonesia Kelas VI SDN Tamansari 3. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model Kurrt Lewin yang diadopsi oleh Arikunto. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VI SDN Tamansari 3 Yogyakarta yang berjumlah 27 yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Objek penelitian ini yaitu keterampilan membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan menggunakan bantuan cerita fiksi. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan observasi, angket kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitaian ini yaitu menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas VI SDN Tamansari 3. Hal ini dibuktikan dari presentase antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Presentase pada siklus I yaitu 62% kemudian setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 86% dengan kategori “Baik”.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman_1; Metode PQ4R_2; Cerita Fiksi_3; Sekolah Dasar_4

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Rohma, J., Hidayat, R. A. ., & Kurniawati, E. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode PQ4R Dengan Bantuan Cerita Fiksi Kelas VI Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 917–925. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1723