Upaya Meningkatkan Sikap Kerjasama Muatan Bahasa Indonesia Model Problem Based Learning Berbasis Permainan Tradisional

Penulis

  • Muhammad Nur Kudus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rosidah Aliim Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Astri Kusuma Wardani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Kata Kunci:

Sikap Kerjasama, Muatan Bahasa Indonesia, Problem Based Learning, Permainan Tradisional

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan upaya meningkatkan sikap kerjasama pada muatan bahasa indonesia model problem based learning berbasis permainan tradisional kelas III SDN Tamansari 3.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kolaboratif dengan menggunakan modal Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Tamansari 3 dengan jumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning berbasis permainan tradisional meningkatkan sikap Kerjasama pada muatan Bahasa Indonesia kelas III SDN Tamansari 3 dengan Data yang diperoleh dari sikap kerjasama antar peserta didik sebelum dilakukan tindakan yaitu pra siklus memiliki presentase sebesar 55% dengan kriteria ”Kurang”. Setelah dilakukan tindakan siklus I presentase mengalami kenaikan menjadi 78,5% dengan kriteria ”Cukup Baik”. Karena belum mencapai batas indikator minimal, maka tindakan dilanjutkan pada siklus II. Data dari hasil siklus II memiliki presentase sebesar 84,5% dengan kriteria ”Baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan klasikal yaitu sikap kerjasama antar pesertaa didik telah mencapai presentase minimal 80% dengan kriteria ”Baik”. Sehingga Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dihentikan pada siklus II.

Kata Kunci: Sikap Kerjasama, Muatan Bahasa Indonesia, Problem Based Learning, Permainan Tradisional

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-03

Cara Mengutip

Muhammad Nur Kudus, Hidayat, R. A., & Wardan, A. K. (2023). Upaya Meningkatkan Sikap Kerjasama Muatan Bahasa Indonesia Model Problem Based Learning Berbasis Permainan Tradisional. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 276–281. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1765