Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model PBL Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Nurul Hidayah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rosidah Aliim Hidayat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Silvia Yuliana SD Negeri Tamansari 3 Yogyakarta

Kata Kunci:

Keaktifan belajar, hasil belajar, problem based learning, lingkungan sekitar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV menggunakan model Problem Based Learning dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pembelajaran IPA menggunakan  model Problem Based Learning dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, persentase keaktifan pada suklus  I sebesar 68,25%, dan pada siklus II sebesar 85%, sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 79,25%, dan pada siklus II sebesar 86,2 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada kelas IV Sekolah Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Hidayah, N., Hidayat, R. A., & Yuliana, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model PBL Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Kelas IV Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1199–1206. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1566