Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran PPKN Siswa kelas III SD Negeri Jarakan
Kata Kunci:
Motivasi belajar, model problem based learning, PPKNAbstrak
Abstrak: Penelitian ini berawal dari rendahnya motivasi belajar PPKN pada siswa kelas III, selain itu guu belum menggunakan model pembelajaran yang menarik selama pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam peningkatan motivasi belajar PPKN pada siswa kelas III SD. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan wawancara. Instrumen penelitian berupa lembar angket. Penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa pada pra siklus yaitu 68,50% dengan kriteria rendah, meningkat pada siklus I menjadi 70,41% dengan kriteria cukup, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,35% dengan kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar PPKN pada siswa kelas III SD.
Kata Kunci: Motivasi belajar, model problem based learning, PPKN