Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Di Kelas V SDN

Penulis

  • Enggar Dwi Priyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Handoyo Saputro Univeristas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstrak

Keterampilan sosial yaitu ketika seseorang mampu berinteraksi dan berperilaku sesuai dengan keadaan yang terjadi, seseorang yang mempunyaI keterampilan sosial yang tinggi biasanya mudah diterima di lingkungan masyarakat, begitu juga sebaliknya jika seseorang mempunyai keterampilan sosial yang kurang baik menyebabkan seseorang kurang mampu untuk menjalin hubungan dengan sekitar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dalam pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di Kelas V SDN. Penelitian ini dilaksanakan di SDN pada kelas 5 dengan jumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 hingga Mei 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas V SDN. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus I sebesar 10% dengan kondisi awal 56% menjadi 66%. Peningkatan keterampilan sosial pada siklus II sebesar 7% dengan kondisi awal 66% menjadi 73%. Disamping dapat meningkatkan keterampilan sosial, model pembelajaran Project Based Learning juga berdampak pada nilai PPKn peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai post test peserta didik setelah pembelajaran berlangsung

Kata Kunci: Keterampilan Sosial; Project Based Learning (PJBL); PPKn

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Dwi Priyanto, E., & Saputro, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Di Kelas V SDN . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1076–1087. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1778