Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD di Bantul

Penulis

  • Linda Wulandari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Handoyo Saputro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Titis Nurhidayati SD Negeri Jarakan Bantul

Kata Kunci:

Minat belajar, Model pembelajaran, Teams Games Tournament

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila SD di Bantul melalui model pembelajaran Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitaian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah 21 siswa kelas V SD di bantul tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Teknik analisis data pada penelitiann idi adalah kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian ini menyimpulka bahwa Teams Game Tournament dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan pada kegiatan prasiklus didapatkan rata-rata minat belajar siswa adalah 44,4 rata-rata ini berada di kategori rendah. Kemudian pada siklus I rata-rata skor minat belajar siswa mengalami kenaikan yaitu menjadi 57, rata-rata ini berada di kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II juga mengalami kanaikan rata-rata minat belajar siswa yaitu mejadi 65,8, rata-rata ini berada di kategori sangat tinggi. Selain itu kenaikan minat belajar ini juga dapat dilihat pada presentasenya. Pada pra siklus siswa yang memiliki presentase belajar rendah masih mendominasi yaitu sebanyak 76,2%. Kemudian pada siklus I mengalami kenaikan yaitu sebnayak 81% siswa memiliki minat belajar pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Kenaikan minat belajar ini juga diperoleh pada siklus II yaitu 100% siswa memilik minat belajar pada kategori tinggi dan sangat tinggi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Wulandari, L., Saputro, H., & Nurhidayati, T. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SD di Bantul. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 600–607. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1599