Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SD

Penulis

  • Anis Fajarwati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Handoyo Saputro Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fitri Murdayanti SD Negeri Jarakan Bantul

Abstrak

Masalah terkait rendahnya motivasi belajar peserta didik membuat peneliti mencari cara untuk meningkatkan motivivasi belajar tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar yang dicapai melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning (PBL). Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus sprial yang dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 peserta didik kelas IV SDN Jarakan, dengan fokus pada mata pelajaran pendidikan pancasila. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dari pra-siklus yaitu sebanyak 5 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat rendah, 14 peserta didik pada kategori motivasi belajar rendah, 1 peserta didik pada kategori motivasi belajar tinggi, dan 0 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat tinggi. Kemudian, setelah dilakukannya perbaikan terjadi peningkatan pada siklus I yaitu 0 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat rendah, 2 peserta didik pada kategori motivasi belajar rendah, 18 peserta didik pada kategori motivasi belajar tinggi, dan 0 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat tinggi. Dan pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar kembali yaitu 0 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat rendah, 0 peserta didik pada kategori motivasi belajar rendah, 17 peserta didik pada kategori motivasi belajar tinggi, dan 3 peserta didik pada kategori motivasi belajar sangat tinggi. Pada dasarnya setiap peserta didik setelah diberikan pembelajaran dengan model problem based learning (PBL) mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL).

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Fajarwati, A., Saputro, H., & Murdayanti, . F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1102–1109. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1571