Peningkatan Kemampuan Bernalar Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas III SD N Panembahan Yogyakarta

Penulis

  • Meila Aliza Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Widowati Pusporini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas III A SD Negeri Panembahan Yogyakarta dalam pembelajaran IPAS yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan di kelas III A SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Dapat meningkatkan bernalar kritis pada peserta didik kelas IIIA SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Peningkatan ini dapat dilihat dari skor rata-rata pratindakan sebesar 30,6, pada siklus pertama menjadi 39,9 dan meningkat menjadi 67,08 pada siklus kedua, kemudian meningkat lagi menjadi 79,45 pada siklus ketiga, hasil skor berada pada kriteria penilaian baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis pada peserta didik kelas IIIA SD Negeri Panembahan Yogyakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Aliza, M., & Pusporini, W. . (2023). Peningkatan Kemampuan Bernalar Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas III SD N Panembahan Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 50–55. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1760