Peningkatan Kolaborasi Melalui Model PBL Pada Pembelajaran IPAS Siswa Kelas IV SDN Panembahan Yogyakarta
Kata Kunci:
Model Problem Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, IPASAbstrak
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berkolaborasi dengan model PBL pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV SDN Panembahan Yogyakarta. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 5 dan jumlah siswa perempuan sebanyak 16. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Juli sampai 30 Agustus 2023 di SDN Panembahan Yogykarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunkan 3 siklus dengan 4 (empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui observasi yaitu menggunakan analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keaktifan keterampilan kolaborasi siswa dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata persiklusnya. Pada siklus I persentase ketermpilan kolaborasi sebesar 62,01% kategori baik. Pada siklus II persentase ketermpilan kolaborasi sebesar 71,18% kategori baik. Dan pada siklus III persentase ketermpilan kolaborasi sebesar 80,23% kategori baik. Ditinjau dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran IPAS karena telah mencapai indikator keberhasilan keterampilan kolaborasi.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, IPAS