Penguatan Berkolaborasi pada Mata Pelajaran PPKN Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II di SD Negeri Panembahan Yogyakarta

Penulis

  • Melani Nur Afifah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Widowati Pusporini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan berkolaborasi pada mata pelajaran PPKN menggunakan model Problem Based Learning kelas II di SD Negeri Panembahan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat menguatkan keterampilan kolaborasi pada pembelajaran PPKN kelas IIB SD Negeri Panembahan. Hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaborasi. Hasil rata-rata skor yang diperoleh pada pratindakan yaitu sebesar 50,5, kemudian mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 58, pada siklus II meningkat sebesar 70,3. Dapat diketahui bahwa dari pratindakan sampai siklus II hasil yang diperoleh belum memenuhi indikator keberhasilan dari penelitian ini sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus III menunjukan rata-rata yang diperoleh sebesar 86,5, hasil tersebut menunjukkan kriteria yang baik dan sudah memenuhi indikator keberhasilan dari penelitian ini dimana indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sebesar 80. Berdasarkan hasil simpulan di atas maka penerapan model Problem Based Learning terbukti dapat menguatkan keterampilan kolaborasi pada pembelajaran PPKN kelas IIB SD N Panembahan Yogyakarta.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-06

Cara Mengutip

Afifah, M. N., & Pusporini , W. . (2023). Penguatan Berkolaborasi pada Mata Pelajaran PPKN Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II di SD Negeri Panembahan Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 8–13. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1739