Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS

Penulis

  • Siti Nasriyatun Universitas Sajanawiyata Tamansiswa
  • Annis Deshinta Ayuningtyas
  • Agus Sutanto

Kata Kunci:

IPAS, Motivasi, Prestasi, Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPAS dengan menggunakan model Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserivasi dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Jurugentong. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Jurugentong yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar IPAS yang didapat dari proses pembelajaran menggunakan Problem Based Learning) pada siswa kelas VB SD Negeri Jurugentong. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif rata-rata dan pesentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VB, motivasi dan prestasi belajar IPAS siswa mengalami peningkatan. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase motivasi belajar siswa pada hasil angket. Dari hasil angket motivasi belajar siswa pra siklus, dengan persentase 60.87% pada siklus I menjadi 82.10%  dan meningkat menjadi 88,63% pada siklus II. Prestasi belajar IPAS siswa juga meningkat, dilihat dari nilai rata-rata 63.33 pada pra tindakan, menjadi 72.33 pada akhir siklus I dan meningkat lagi pada akhir siklus II menjadi 78.33.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Nasriyatun, S., Ayuningtyas, A. D., & Sutanto, A. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 346–353. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1748