Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mendungan 2

Penulis

  • widia narti universitas sarjanawiyata tamansiswa
  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haryanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar melalui penggunaan model problem based learning pada siswa kelas V SD Negeri Mendungan 2. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mendungan 2 pada bulan Juni sampai Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V  SD Negeri Mendungan 2, dengan jumlah 26 siswa, 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket (kuisioner), dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus ke II dilakukan dengan tahapan yang sama dengan adanya perbaikan sesuai refleksi pada siklus I. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data deskriptif kuantitatif teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Mendungan 2, dapat ditingkatkan dengan menggunakan model problem based learning. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tindakan siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata skor motivasi belajar matematika pada siklus I adalah 65% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 73%. Persentase skor motivasi belajar pada siklus I adalah 50% dengan 13 siswa yang mendapat skor di atasketentuan. Kemudian pada siklus II persentase skor motivasi belajar matematika menjadi 80% dengan 21 siswa yang mendapat skor sesuai dengan ketentuan.Dari hasil yang diperoleh pada siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dalam proses kegiatan pembelajaran lebih dapat memotivasi siswa dengan mendorong siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-18

Cara Mengutip

narti, widia, Purnami, A. S., & Haryanti, H. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri Mendungan 2. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 339–345. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1347