Upaya Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Mendungan 2 Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning

Penulis

  • Yandi Normantio Mahasiswa PPG
  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Haryanti SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta

Kata Kunci:

Sikap Kerjasama, Matematika, model problem based learnin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama kelas VI SD Negeri Mendungan 2 dalam pembelajaran matematika menggunakan model PBL.

Penelitian ini merupakan penelitian jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mendungan 2 pada bulan Agustus 2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Mendungan 2, dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan 2 siklus masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan analisa data deskriptif kuantitatif teknik presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kerja sama pesaerta didik kelas VI SD Negeri Mendungan 2, dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari tindakan siklus I sampai dengan siklus II yaitu hasil tindakan siklus I Setelah dilakukan tindakan siklus I, kemampuan kerjasama peserta didik kelas VI di SD Negeri Mendungan 2 naik dengan rata-rata presentase sebesar 78% dengan kriteria ”Cukup”. Setelah dilakukan tindakan siklus II, kemampuan kerjasama peserta didik kelas VI di SD Negeri Mendungan 2 naik dengan rata-rata presentase sebesar ”84,5% dengan kriteria ”Baik”. Oleh karena itu penelitian kelas dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan presentase minimal 80% dengan kriteria ”Baik”.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Normantio, Y., Purnami, A. S., & Haryanti, H. (2023). Upaya Meningkatkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Mendungan 2 Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 388–401. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1519