Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Matematika Kelas III SD

Penulis

  • annisa rahmasari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Trisniawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Rahmanto Budi Prabowo SD Negeri Bangunharjo

Kata Kunci:

prestasi belajar, Problem Based Learning, siswa SD

Abstrak

Rendahnya prestasi belajar Matematika merupakan cermin belum tercapainya tujuan pembelajaran Matematika di SD Negeri Bangunharjo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri Bangunharjo dengan menggunakan tindakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 27 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila ≥ 70% dari jumlah siswa mendapatkan nilai ≥ 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Matematika siswa kelas III dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I yaitu rata-rata 71,85 pada siklus II memperoleh rata-rata 81,48. Dari siklus II tersebut memperoleh hasil peningkatan skor 9,63%. Pada siklus I, 51,85% dari jumlah siswa memiliki prestasi belajar Matematika di atas rata-rata, sedangkan pada siklus II menjadi 81,48% dari jumlah siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ribuan pada siswa kelas III.

 

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-14

Cara Mengutip

rahmasari, annisa, Trisniawati, & Prabowo, R. B. . (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Matematika Kelas III SD. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 56–63. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1655

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.