Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning

Penulis

  • Galang Panji Wiratama Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ardian Arief Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Heny Suryani Sri Rejeki SD Negeri Karangtalun 2 Magelang

Kata Kunci:

IPAS, prestasi belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Abstrak: Latar Belakang dari penelitian ini adalah rendahnya presatsi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtalun 2. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsiakan peningkatan prestasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtalun 2 dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Karangtalun 2. Data yang digunakan berupa data kualitastif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtalun 2 yaitu: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar, (c) membimbing siswa untuk menjalankan penyelidikan, (d) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, (e) analisis dan evaluasi terhadap masalah yang disajikan. Penerapan model PBL terhadap guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Karangtalun 2.  

Kata Kunci: IPAS, prestasi belajar, Problem Based Learning

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-19

Cara Mengutip

Wiratama, G. P., Arief, A., & Rejeki, H. S. S. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 578–583. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1666