Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Topik B Melihat dengan Cahaya melalui Model PBL (Problem Based Learning) bagi Peserta Didik Kelas V SDN Karangtalun 2

Penulis

  • Novia Damaiyanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Ardian Arief Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Pujiyati SD Negeri Karangtalun 2 Ngluwar, Magelang

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL).

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dimensi prestasi belajar yang masih kurang dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Karangtalun 2. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah pembelajaran Melihat dengan Cahaya Topik B BAB II semester 1 sesuai dengan capaian materi peserta didik. Subjek penelitiannya adalah kelas V SD Negeri Karanglaun 2 dengan jumlah 29 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis and Taggart. Proses penelitian yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pembelajaran atau dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik non tes dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan guru kelas. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar IPAS kelas V yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di SD Negeri Karangtalun 2 mengalami peningkatan yang ditunjukkan pada data dipra siklus diperoleh rata-rata sebesar 65,8. Lalu pada siklus I mencapai 73,5, dan pada siklus II meningkat mencapai 77

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Damaiyanti, N., Arief , A., & Pujiyati , S. . (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Topik B Melihat dengan Cahaya melalui Model PBL (Problem Based Learning) bagi Peserta Didik Kelas V SDN Karangtalun 2: . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1562–1569. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1756

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.