Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Daratan Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Tumbuhan, Sumber Kehidupan Di Bumi Menggunakan Model Problem Based Learning
Kata Kunci:
hasil belajar, problem based learning, IPASAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Daratan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi Tumbuhan, sumber kehidupan di Bumi kelas IV SD Negeri Daratan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Daratan yang berjumlah 13 peserta didik. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar IPAS materi Tumbuhan, sumber kehidupan di Bumi melalui model PBL (Problem Based Learning). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, metode tes, dokumentasi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase hasil belajar peserta didik sebelum diberikan tindakan yaitu 46% . Peneliti menggunakan model PBL untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Bisa dilihat dari siklus I hasil belajar peserta didik naik menjadi 77% . Pada siklus II hasil belajar peserta didik menjadi 100% yang mendapatkan nilai diatas KKM . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi Tumbuhan, sumber kehidupan di Bumi kelas IV SD Negeri Daratan.