Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas Vb SD N Bakalan Bantul Yogyakarta

Penulis

  • Tri Istinganah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Hera Erisa
  • Ayu Rahayu

Kata Kunci:

hasil belajar, Picture and Picture, IPAS, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Picture and Picture dan model pembelajaran Problem Based Learning. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bakalan dalam mata pelajaran IPAS materi Melihat Karena Cahaya dan Ekosistem yang Harmonis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data didapat dari observasi dan evaluasi lalu data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya, yaitu  peningkatan persentase hasil belajar siswa dalam kategori mahir, peningkatan tersebut  terjadi pada tiap siklusnya mulai dari pra siklus sebesar 4,16%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 8,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 62,5%. Nilai rata-rata peserta didik juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, mulai dari pra siklus 49,16, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 58,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,67. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pembelajaran materi Melihat Karena Cahaya dan Ekosistem yang Harmonis di kelas VB SD Negeri Bakalan , dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23

Cara Mengutip

Istinganah, T., Erisa, H. ., & Rahayu, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dengan Metode Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas Vb SD N Bakalan Bantul Yogyakarta. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 107–118. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1713