Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Ipas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas IV SD N Bakalan

Penulis

  • Beni Setyawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Ayu Rahayu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Pada kegiatan Pra Survey tersebut diketahui bahwa keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran IPAS masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPAS melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) di kelas IV SDN Bakalan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa bahwa pembelajaran IPAS dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas IV SDN Bakalan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II Indikator bekerjasama, toleransi, menghormati hak-hak orang lain, memiliki kepekaan sosial pada kriteria sangat baik meningkat 19%, pada kriteria baik meningkat 15%, kriteria cukup menurun 15%, kriteria kurang menurun 11%, dan kriteria sangat kurang menurun 7%. Pada Indikator memiliki control diri pada kriteria sangat baik meningkat 8%, pada kriteria baik meningkat 3%, kriteria cukup menurun 4%, pada kriteria kurang menurun 3%, dan pada kriteria sangat kurang menurun 4%. Pada Indikator berbagai pendapat dan pengalaman dengan orang lain pada kriteria sangat baik meningkat 14%, pada kriteria baik 8%, kriteria cukup menurun 8%, pada kriteria kurang menurun 3% dan pada kriteria sangat kurang menurun 11%

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-24

Cara Mengutip

Setyawan, B., & Rahayu, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Sosial Dalam Pembelajaran Ipas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas IV SD N Bakalan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU, 2(1), 1012–1017. Diambil dari https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_ppg_ust/article/view/1707